Minggu, 13 November 2016

Etika Bisnis BAB 5

ETIKA BISNIS








Kelompok           :  2 (Dua)
Nama                   :  AHMAD RIZKQI NOPALDI (19213875)
                                 HASFHI ADLI PUTRA (13213972)
                                 MUHAMMAD WACHID AGUNG LAKSONO  (16213171)
         RICKY WIDIANTO (17213611)

Kelas                    :  4 EA 29




FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016






BAB 5
JenisPasar, LatarBelakangMonopoli, EtikaDalamPasarKompetitf
A.   PasarPersainganSempurna
Suatupasardimanaterdapatbanyakpenjualdanpembeli, barang yang didagangkanadalahbaranghomogenataubarang yang samadanpenjualtidakmemilikikebebasandalammenentukanharga. Dalampasarpersaingansempurnaprodusenbisakeluardanmasukpasardengansangatmudah. Dilihatdaripersaingandiuarharga, pasarpersaingansempurnatidakmemiikipersaingan di luarharga.

B.   PasarMonopoli
Pasarmonopolimerupakansuatupasar yang hanyamemilikisatupenjualsajasehinggapembelitidakpunyapilihandanpenjualmemilikipengaruhbesardalamperubahanharga. Dalampasarmonopolihanyaterdapatsatuperusahaanataupenjual. Dan barang yang didagangkanpadapasarmonopoliadalahbarang yang unikataulangka.

C.   PasarOligopoli
Pasaroligopoliyaitupasar yang hanyaterdapatbeberapaprodusen di dalamnya yang salingmempengaruhidanbersaingdalamkualitasbarang. Pasaroligopolimemilikisedikitperusahaanatauprodusen. Dengan menghasilkanbarangstandaratauberbedacorak, dalampasaroligopoliadakalanyaprodusentangguhdanadakalanyalemahdalammemengaruhihargasertacukupsulitbagiprodusenuntukkeluarmasukpasar.

D.   Monopoli&DimensiEtikaBisnis
Dari sisietikabisnis, pasarmonopolidianggapkurangbaik dalammencapainilai-nilai moral karenapasarmonopolitakteregulasitidakmampumencapaiketiganilaikeadilankapitalis, efisiensiekonomidanjugatidakmenghargaihak-haknegatif yang dicapaidalampersaingansempurna.

E.   Etika Di DalamPasarKompetitifSempurna
Pasarbebaskompetitifsempurnamencakupkekuatan-kekuatan yang mendorongpembelidanpenjualmenujuapa yang disebut titikkeseimbangan.


Dalamhalinipasardikatakanmampumencapaitiga moral utama :
  1. Mendorongpembelidanpenjualmempertukarkanbarangdalamcara yang adil.
  2. Memaksimalkanutilitaspembelidanpenjualdenganmendorongmerekamengalokasikan, menggunakan, danmendistribusikanbarang-barangdenganefisiensisempurna.
  3. Mencapaitujuan-tujuantersebutdengansuatucara yang menghargaihakpembelidanpenjualuntukmelakukanpertukaransecarabebas.

F.   KompetisiPadaPasarEkonomi Global
Kompetisimempunyaipengertianadanyapersainganantaraperusahaanuntukmencapaipangsapasar yang lebihbesar. Kompetisiantaraperusahaandalammerebutkanpelangganakanmenujupadainovasidanperbaikanprodukdan yang padaakhirnyapadaharga yang lebihrendah. Sebuahperusahaan yang memimpinpasardapatdikatakansudahmencapaikeunggulankompetisi. Kompetisibaikbagiperusahaankarenaakanterusmendorongadanyainovasi, ketekunandanmembangunsemanganttim.Sekalipundemikian, tidakselamanyakompetisiselalubaikkarenakitaharusmemastikanbahwa para pesaingperusahaankitatidakakanmencuripelanggankita.
Dalampengertiansempit, kompetisimempunyaipengertianperusahaan-perusahaanberusahasekuattenagauntukmembuatpelangganmembeliprodukmerekabukanprodukpesaing. Olehkarenaitu, akanterdapatpihak yang menangdan yang kalah. Dalampengertianluassebagaimanasudahdisebutkan di atas, kompetisimerupakanusahaorganisasibisnisdalammemperolehpangsapasar yang lebihbesardanlebihsuksesdibandingkandenganpesaingnya. Ada tiga model kompetisidalamduniabisnis, yaitu: kompetisimanufaktur, kompetisipenjualandan model-model kompetisi.
Jadi Indonesia memilikidayaataukemampuansainguntukberkompetisidalampasar global. Belumlagifaktor-faktor lain yang tidakdiuraikandalam. Jikainginmendorongperusahaan-perusahaan di Indonesia untukmengekspansisayap-sayapnyapadaskala ASEAN pada MEA dan AFTA 2015 (untukjangkapendek), maupunpadaskala global (untukjangkapanjang), beberapahal yang tertinggalterlebihdahuluharusdikejardandibenahisecaramakro. Pertama, membentuk SDM yang kuatdanprofesional. Kedua, dalamrangkapeningkatanproduktivitasdanefisiensi, teknologi-teknologisebagaialatproduksiperludimutakhirkan, denganharapanbisamenurunkanbiayaproduksi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar