ETIKA BISNIS
Kelompok : 2 (Dua)
Nama : AHMAD RIZKQI NOPALDI (19213875)
HASFHI ADLI
PUTRA (13213972)
MUHAMMAD WACHID AGUNG LAKSONO (16213171)
RICKY WIDIANTO (17213611)
Kelas : 4 EA 29
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2016
BAB
5
JenisPasar,
LatarBelakangMonopoli, EtikaDalamPasarKompetitf
A. PasarPersainganSempurna
Suatupasardimanaterdapatbanyakpenjualdanpembeli,
barang yang didagangkanadalahbaranghomogenataubarang yang
samadanpenjualtidakmemilikikebebasandalammenentukanharga. Dalampasarpersaingansempurnaprodusenbisakeluardanmasukpasardengansangatmudah.
Dilihatdaripersaingandiuarharga, pasarpersaingansempurnatidakmemiikipersaingan
di luarharga.
B. PasarMonopoli
Pasarmonopolimerupakansuatupasar yang
hanyamemilikisatupenjualsajasehinggapembelitidakpunyapilihandanpenjualmemilikipengaruhbesardalamperubahanharga. Dalampasarmonopolihanyaterdapatsatuperusahaanataupenjual. Dan barang
yang didagangkanpadapasarmonopoliadalahbarang yang unikataulangka.
C. PasarOligopoli
Pasaroligopoliyaitupasar yang
hanyaterdapatbeberapaprodusen di dalamnya yang
salingmempengaruhidanbersaingdalamkualitasbarang. Pasaroligopolimemilikisedikitperusahaanatauprodusen. Dengan menghasilkanbarangstandaratauberbedacorak,
dalampasaroligopoliadakalanyaprodusentangguhdanadakalanyalemahdalammemengaruhihargasertacukupsulitbagiprodusenuntukkeluarmasukpasar.
D. Monopoli&DimensiEtikaBisnis
Dari sisietikabisnis,
pasarmonopolidianggapkurangbaik dalammencapainilai-nilai moral
karenapasarmonopolitakteregulasitidakmampumencapaiketiganilaikeadilankapitalis,
efisiensiekonomidanjugatidakmenghargaihak-haknegatif yang
dicapaidalampersaingansempurna.
E. Etika Di DalamPasarKompetitifSempurna
Pasarbebaskompetitifsempurnamencakupkekuatan-kekuatan
yang mendorongpembelidanpenjualmenujuapa yang disebut titikkeseimbangan.
Dalamhalinipasardikatakanmampumencapaitiga moral
utama :
- Mendorongpembelidanpenjualmempertukarkanbarangdalamcara
yang adil.
- Memaksimalkanutilitaspembelidanpenjualdenganmendorongmerekamengalokasikan,
menggunakan, danmendistribusikanbarang-barangdenganefisiensisempurna.
- Mencapaitujuan-tujuantersebutdengansuatucara
yang menghargaihakpembelidanpenjualuntukmelakukanpertukaransecarabebas.
F. KompetisiPadaPasarEkonomi Global
Kompetisimempunyaipengertianadanyapersainganantaraperusahaanuntukmencapaipangsapasar
yang lebihbesar.
Kompetisiantaraperusahaandalammerebutkanpelangganakanmenujupadainovasidanperbaikanprodukdan
yang padaakhirnyapadaharga yang lebihrendah. Sebuahperusahaan yang
memimpinpasardapatdikatakansudahmencapaikeunggulankompetisi.
Kompetisibaikbagiperusahaankarenaakanterusmendorongadanyainovasi,
ketekunandanmembangunsemanganttim.Sekalipundemikian,
tidakselamanyakompetisiselalubaikkarenakitaharusmemastikanbahwa para
pesaingperusahaankitatidakakanmencuripelanggankita.
Dalampengertiansempit,
kompetisimempunyaipengertianperusahaan-perusahaanberusahasekuattenagauntukmembuatpelangganmembeliprodukmerekabukanprodukpesaing.
Olehkarenaitu, akanterdapatpihak yang menangdan yang kalah.
Dalampengertianluassebagaimanasudahdisebutkan di atas,
kompetisimerupakanusahaorganisasibisnisdalammemperolehpangsapasar yang
lebihbesardanlebihsuksesdibandingkandenganpesaingnya. Ada tiga model
kompetisidalamduniabisnis, yaitu: kompetisimanufaktur, kompetisipenjualandan
model-model kompetisi.
Jadi Indonesia
memilikidayaataukemampuansainguntukberkompetisidalampasar global.
Belumlagifaktor-faktor lain yang tidakdiuraikandalam.
Jikainginmendorongperusahaan-perusahaan di Indonesia
untukmengekspansisayap-sayapnyapadaskala ASEAN pada MEA dan AFTA 2015
(untukjangkapendek), maupunpadaskala global (untukjangkapanjang), beberapahal
yang tertinggalterlebihdahuluharusdikejardandibenahisecaramakro. Pertama,
membentuk SDM yang kuatdanprofesional. Kedua,
dalamrangkapeningkatanproduktivitasdanefisiensi,
teknologi-teknologisebagaialatproduksiperludimutakhirkan,
denganharapanbisamenurunkanbiayaproduksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar