Rabu, 30 Oktober 2013
Senin, 21 Oktober 2013
Minggu, 20 Oktober 2013
Senin, 07 Oktober 2013
TUGAS MAKALAH1 "KONSTRIBUSI UNIVERSITAS GUNADARMA MEMBENTUK PERILAKU BERBUDAYA"
Mata Kuliah
: Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad
Burhan Amin
Topik Makalah
Kontribusi Universitas Gunadarma
Membentuk Perilaku Berbudaya
Kelas : 1-EA22
Tanggal
Penyerahan Makalah : 07 Oktober 2013
Tanggal Upload Makalah : 08 Oktober
2013
P E R N Y A T A A N
Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan
dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari
tim / pihak lain.
Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat
nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.
P e n y u s u n
N P M
|
Nama
Lengkap
|
Tanda
Tangan
|
16213171
|
MUHAMMAD WACHID AGUNG LAKSONO
|
Program Sarjana Ekonomi
UNIVERSITAS GUNADARMA
i
KATA
PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT, Sang Maha Pencipta
dan Pengatur Alam Semesta,
berkat Ridho Nya, penulis akhirnya mampu menyelesaikan tugas makalah yang berjudul
"Kontribusi Universitas Gunadarma Membentuk Perilaku Berbudaya".
Dalam menyusun makalah ini, tidak sedikit kesulitan dan hambatan yang penulis alami, namun berkat dukungan, dorongan dan semangat dari orang terdekat, sehingga penulis mampu menyelesaikannya. Oleh karena itu penulis pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada :Ibu dan Ayah, teman-teman dan spesial untuk Bpk.Burhan Amin, karena telah dengan tulus untuk mendorong penulis menjadi orang yang lebih baik.
berkat Ridho Nya, penulis akhirnya mampu menyelesaikan tugas makalah yang berjudul
"Kontribusi Universitas Gunadarma Membentuk Perilaku Berbudaya".
Dalam menyusun makalah ini, tidak sedikit kesulitan dan hambatan yang penulis alami, namun berkat dukungan, dorongan dan semangat dari orang terdekat, sehingga penulis mampu menyelesaikannya. Oleh karena itu penulis pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada :Ibu dan Ayah, teman-teman dan spesial untuk Bpk.Burhan Amin, karena telah dengan tulus untuk mendorong penulis menjadi orang yang lebih baik.
Penulis menyadari bahwa masih banyak
kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu segala kritikan dan saran yang
membangun akan penulis terima dengan baik.
Semoga makalah "Kontribusi Universitas Gunadarma Membentuk Perilaku Berbudaya"
dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadikan motivasi untuk generasi muda.
Semoga makalah "Kontribusi Universitas Gunadarma Membentuk Perilaku Berbudaya"
dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadikan motivasi untuk generasi muda.
|
ii
DAFTAR ISI
Cover
........................................................................................................................
Pernyataan ...............................................................................................................i
Kata pengantar..........................................................................................................ii
Daftar Isi ………………………………………………………………………........................iii
Bab I :Pendahuluan
I.1 LatarBelakang
……………….................................................................................1
I.2 Tujuan ……………………………….……………………………………………...............1
I.3 Sasaran …………………………….....………………………………………………..........1
Bab II : Permasalahan
II.1 Kekuatan (Strength) ………………..………………................................................2
II.2 Kelemahan (Weakness)
…………………………………………………………............2
II.3 Peluang (Opportunity) ………………………….....................................................2
II.4 Tantangan/Hambatan( Threats) ………………………………………………….........3
Bab III : Kesimpulan dan Rekomendasi
III.1 Kesimpulan........................................................................................................4
III.2 Rekomendasi .....................................................................................................4
III.3 Referensi
...........................................................................................................4
iii
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Di era globalisasi ini, begitu banyak generasi muda Indonesia yang tidak
sadar akan budaya. Para remaja kaula tidak menyadari pentingnya nilai budaya
dalam kehidupan bermasyarakat. Banyak kaum muda yang berlomba-lomba untuk
mengikuti trend masa kini yang bergaya kebarat-baratan. Pada dasarnya terbuka
pada budaya baru bukan sebuah masalah. Hanya saja setiap budaya baru yang masuk
harus disaring terlebih dahulu, dipahami baik dan buruknya budaya baru
tersebut. Oleh sebab itu selain para generasi muda, banyak pihak yang juga
harus menelaah setiap budaya yang masuk ke Indonesia.
- Tujuan
Makalah kali ini bertujuan untuk membahas kemungkinan yang dapat
dilakukan untuk mengpotimalkan peran mahasiswa dan lembaga kebudayaan dalam pelesatarian
nilai dan budaya juga diharapkan dapat menjadi acuan bagi pembaca, serta turut
mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari.
2.
Sasaran
Makalah ini ditujukan bagi masyarakat umum terutama generasi baru agar yang
ingin turut bergabung dalam pembangunan Indonesia menjadi Negara berbudaya
tinggi. dan memahami peran dalam melestarikan
nilai-nilai budaya dan mengetahui kontribusinya.
1
BAB II
PERMASALAHAN
Analisis
permasalahan kontribusi
Universitas Gunadarma membentuk perilaku berbudaya dengan memperhatikan dan
mempertimbangkan kondisi lingkungan
internal maupun eksternal
dilihat dari aspek :
- Kekuatan (Strength)
·
Masih banyak mahasiswa masih peduli pada budaya
Indonesia. Terbukti dengan
banyaknya mahasiswa yang menggemari busana batik khas Indonesia.
banyaknya mahasiswa yang menggemari busana batik khas Indonesia.
·
Beragam
kekayaan dari setiap aspek kesenian yang unik maupun norma dan adat istiadat..
·
Semakin
meningkatnya kreativitas mahasiswa dalam hal pelestarian.
·
Ada banyak cara untuk mempelajari budaya, dengan
mengikuti seminar-seminar yang ada
2.
Kelemahan (Weakness)
·
Kurangnya pengawasan dari orang tua di setiap
perkembangan, sehingga anak berfikir bahwa tidak berbudaya merupakan hal yang wajar.
·
Pemakaian dan pengedaran obat
terlarang
menjadi suatu permasalah yang
sering terjadi.
·
Kurangnya komunikasi yang baik antara
mahasiswa dengan
lembaga pendidikan
·
Peraturan
yang diterapkan kurang berjalan efektif sehingga mengakibatkan masyarakat kurang mematuhi.
3.
Peluang (Opportunity)
·
Banyaknya kesempatan untuk memperkenalkan budaya
Indonesia kepada bangsa asing..
·
Bersatu untuk menjaga nilai-nilai budaya, agar budaya
Indonesia tidak dicuri Negara lain.
·
Kekayaan alam yang melimpah, merupakan salah
satu daya tarik untuk
mendatangkan
wisatawan asing
·
Menjadikan kebudayaan
sebagai mata pencaharian , terutama di ligkungan wilayah tempat wisata seperti
di bali , pertunjukan tari kecak, untuk menarik wisatawan asing.
2
4. TantanganatauHambatan( Threats).
·
Masih banyak kurang pedulinya dari masyarakat,
terhadap budaya indonesia.
·
Semakinmeningkatnyakebudayanasing yang masuk
dalam jiwa generasi muda..
·
Kurangseriusnyapemerintahdalammembenahimasalahpendidikan.
·
Majunyateknologimenjadi di salahgunakan oleh masyarakat.
.
3
BAB III
KESIMPULAN
DAN REKOMENDASI
1. Kesimpulan
·
Lingkungan pendidikan sangat penting dalam membangun generasi yang cinta budaya.
·
Mudahnya tekhnologi untuh mencari informasi agar mahasiswa aktif
·
Kesadaran
tiap individual untuk mencintai
budaya sendiri harus di perkuat.
·
Persaingan yang ketat menjadikan motivasi bagi
generasi muda.
2. Rekomendasi
·
Membentuk suatu kelompok diskusi
antara mahasiswa dengan dosen.
·
Lebih sering diadakan workshop dan
pertunjukan tentang budaya.
·
Tanamkan pada diri sendri untuk mencintai budaya
Indonesia..
·
Tingkatkan kemampuan berpikir mahasiswa. Dengan cara rajin mencari informasi positive tantang budaya indonesia.
Referensi
4
Langganan:
Postingan (Atom)