Senin, 07 Oktober 2013

Konstribusi Universitas Gunadarma Membentuk Prilaku berbudaya

Wachid 2. Pernyataan i by Wachid24

TUGAS MAKALAH1 "KONSTRIBUSI UNIVERSITAS GUNADARMA MEMBENTUK PERILAKU BERBUDAYA"













Mata Kuliah  :  Ilmu Budaya Dasar

Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah

Kontribusi Universitas Gunadarma Membentuk Perilaku Berbudaya

 


Kelas  :  1-EA22

Tanggal Penyerahan Makalah : 07 Oktober 2013
Tanggal Upload Makalah  :  08 Oktober 2013



 

P E R N Y A T A A N

Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.



P e n y u s u n

 



N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
16213171
MUHAMMAD WACHID AGUNG LAKSONO




Program Sarjana Ekonomi

UNIVERSITAS GUNADARMA

 

i








KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT, Sang Maha Pencipta dan Pengatur Alam Semesta,
berkat Ridho Nya, penulis akhirnya mampu menyelesaikan tugas makalah yang berjudul
"Kontribusi Universitas Gunadarma Membentuk Perilaku Berbudaya".


Dalam menyusun makalah ini, tidak sedikit kesulitan dan hambatan yang penulis alami, namun berkat dukungan, dorongan dan semangat dari orang terdekat, sehingga penulis mampu menyelesaikannya. Oleh karena itu penulis pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada :Ibu dan Ayah, teman-teman dan spesial untuk Bpk.Burhan Amin, karena telah dengan tulus untuk mendorong penulis menjadi orang yang lebih baik.
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu segala kritikan dan saran yang membangun akan penulis terima dengan baik.
Semoga makalah "Kontribusi Universitas Gunadarma Membentuk Perilaku Berbudaya"
dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadikan motivasi untuk generasi muda.




Bekasi, 7 Oktober 2013,




MUHAMMAD WACHID AGUNG LAKSONO

 
 













ii








DAFTAR ISI
Cover ........................................................................................................................
Pernyataan ...............................................................................................................i
Kata pengantar..........................................................................................................ii
Daftar Isi ………………………………………………………………………........................iii

Bab I :Pendahuluan
I.1 LatarBelakang ……………….................................................................................1
I.2 Tujuan ……………………………….……………………………………………...............1
I.3 Sasaran …………………………….....………………………………………………..........1

Bab II : Permasalahan
II.1 Kekuatan (Strength) ………………..………………................................................2 
II.2 Kelemahan (Weakness) …………………………………………………………............2
II.3 Peluang (Opportunity) ………………………….....................................................2
II.4 Tantangan/Hambatan( Threats) ………………………………………………….........3

Bab III : Kesimpulan dan Rekomendasi
III.1 Kesimpulan........................................................................................................4
III.2 Rekomendasi .....................................................................................................4
III.3 Referensi ...........................................................................................................4














iii







BAB I
PENDAHULUAN


  1. Latar Belakang

Di era globalisasi ini, begitu banyak generasi muda Indonesia yang tidak sadar akan budaya. Para remaja kaula tidak menyadari pentingnya nilai budaya dalam kehidupan bermasyarakat. Banyak kaum muda yang berlomba-lomba untuk mengikuti trend masa kini yang bergaya kebarat-baratan. Pada dasarnya terbuka pada budaya baru bukan sebuah masalah. Hanya saja setiap budaya baru yang masuk harus disaring terlebih dahulu, dipahami baik dan buruknya budaya baru tersebut. Oleh sebab itu selain para generasi muda, banyak pihak yang juga harus menelaah setiap budaya yang masuk ke Indonesia.

  1. Tujuan

Makalah kali ini bertujuan untuk membahas kemungkinan yang dapat dilakukan untuk mengpotimalkan peran mahasiswa dan lembaga kebudayaan dalam pelesatarian nilai dan budaya juga diharapkan dapat menjadi acuan bagi pembaca, serta turut mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari.

2.      Sasaran

Makalah ini ditujukan bagi masyarakat umum terutama generasi baru agar yang ingin turut bergabung dalam pembangunan Indonesia menjadi Negara berbudaya tinggi. dan memahami peran dalam melestarikan nilai-nilai budaya dan mengetahui kontribusinya.

















1
 





BAB II
PERMASALAHAN


Analisis permasalahan kontribusi Universitas Gunadarma membentuk perilaku berbudaya dengan  memperhatikan   dan  mempertimbangkan  kondisi  lingkungan  internal   maupun eksternal dilihat dari aspek :

  1. Kekuatan (Strength)

·         Masih banyak mahasiswa masih peduli pada budaya Indonesia. Terbukti dengan
      banyaknya mahasiswa yang menggemari busana batik khas Indonesia.
·         Beragam kekayaan dari setiap aspek kesenian yang unik maupun norma dan adat istiadat..
·         Semakin meningkatnya kreativitas mahasiswa dalam hal pelestarian.
·         Ada banyak cara untuk mempelajari budaya, dengan mengikuti seminar-seminar yang ada


2.      Kelemahan (Weakness)

·         Kurangnya pengawasan dari orang tua di setiap perkembangan, sehingga anak berfikir bahwa tidak berbudaya merupakan hal yang wajar.
·         Pemakaian dan pengedaran obat terlarang menjadi suatu permasalah yang sering terjadi.
·         Kurangnya komunikasi yang baik antara mahasiswa dengan lembaga pendidikan
·         Peraturan yang diterapkan kurang berjalan efektif sehingga mengakibatkan masyarakat kurang mematuhi.

3.      Peluang (Opportunity)
  
·         Banyaknya kesempatan untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada bangsa asing..
·         Bersatu untuk menjaga nilai-nilai budaya, agar budaya Indonesia tidak dicuri Negara lain.
·         Kekayaan alam yang melimpah, merupakan salah satu daya tarik untuk mendatangkan wisatawan asing
·         Menjadikan kebudayaan sebagai mata pencaharian , terutama di ligkungan wilayah tempat wisata seperti di bali , pertunjukan tari kecak, untuk menarik wisatawan asing.




2







4.       TantanganatauHambatan( Threats).

·         Masih banyak kurang pedulinya dari masyarakat, terhadap budaya indonesia.
·          Semakinmeningkatnyakebudayanasing yang masuk dalam jiwa generasi muda..
·         Kurangseriusnyapemerintahdalammembenahimasalahpendidikan.
·         Majunyateknologimenjadi di salahgunakan oleh masyarakat.
.







































3
   






BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI


1. Kesimpulan

·         Lingkungan pendidikan sangat penting dalam membangun generasi yang cinta budaya.
·         Mudahnya tekhnologi untuh mencari informasi agar mahasiswa aktif
·         Kesadaran tiap individual untuk mencintai budaya sendiri harus di perkuat.
·         Persaingan yang ketat menjadikan motivasi bagi generasi muda.



2. Rekomendasi

·         Membentuk suatu kelompok diskusi antara mahasiswa dengan dosen.
·         Lebih sering diadakan workshop dan pertunjukan tentang budaya.
·         Tanamkan pada diri sendri untuk mencintai budaya Indonesia..
·         Tingkatkan kemampuan berpikir mahasiswa. Dengan cara rajin mencari informasi positive tantang budaya indonesia.



Referensi












4