Minggu, 08 Januari 2017

Etika Bisnis BAB 13

ETIKA BISNIS
Perspektifetikabisnis, Pengertianbudayaorganisasi, Hubunganperusahaandenganstakehoulder, Peransistempengaturandancontohperilakubisnis yang melanggaretika




Kelompok           :2 (Dua)
Nama                    : AHMAD RIZKQI NOPALDI (19213875)
                                HASFHI ADLI PUTRA (13213972)
                                MUHAMMAD WACHID AGUNG LAK (16213171)
          RICKY WIDIANTO (17213611)

Kelas                     : 4 EA 29




FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016



BAB 13
Memberikancontohtentangperilakubisnis yang melanggaretika
A.    Korupsi
Korupsiataukorupsipolitisadalahpenyalahgunaanjabatanresmiuntukkeuntunganpribadi. Semuabentukpemerintah|pemerintahanrentankorupsidalamprakteknya. Beratnyakorupsiberbeda-beda, dari yang paling ringandalambentukpenggunaanpengaruhdandukunganuntukmemberidanmenerimapertolongan, sampaidengankorupsiberat yang diresmikan, dansebagainya. Titikujungkorupsiadalahkleptokrasi, yang artiharafiahnyapemerintahanoleh para pencuri, dimanapura-purabertindakjujur pun tidakadasamasekali.

B.     Pemalsuan
Pemalsuanadalah proses pembuatan, beradaptasi, meniruataubenda, statistik, ataudokumen-dokumen (lihatdokumenpalsu), denganmaksuduntukmenipu. Kejahatan yang serupadenganpenipuanadalahkejahatanmemperdaya yang lain, termasukmelaluipenggunaanbenda yang diperolehmelaluipemalsuan.

C.    Pembajakan
Piracy ataupembajakanmerupakansebuahistilah yang digunakanuntukmenggambarkanberbagaimacamaktivitas file sharing illegal, download illegal ataupemalsuan yang berkaitandengan internet. Internet piracy merupakansatuhal yang berbahayadanbiasanyabersifat illegal danbahkancenderungtergolongaksikriminal.

D.     Diskriminasi Gender
Hakikatnya, manusiamemilikikedudukan yang setara. Laki-lakimaupunperempuan. Keduanyadiciptakandalamderajat, harkat, danmartabat yang sama. Kalaupunmemilikibentukdanfungsi yang berbeda, itusemua agar keduanyasalingmelengkapi. Namundalamperjalanankehidupanmanusia, banyakterjadiperubahanperandan status ataskeduanya, terutamadalammasyarakat. Proses tersebut lama kelamaanmenjadikebiasaandanmembudaya. Dan berdampakpadaterciptanyaperlakuandiskriminatifterhadapsalahsatujeniskelamin. Selanjutnya, munculistilah gender yang mengacupadaperbedaanperanantaralaki-lakidanperempuan yang terbentukdari proses perubahanperandan status tadibaiksecara social ataupunbudaya.
Diskriminasidapatdiartikansebagaisebuahperlakuanterhadapindividusecaraberbedadengandidasarkanpada gender, ras, agama,umur, ataukarakteristik yang lain. Diskriminasijugaterjadidalamperan gender. Sebenarnya inti daridiskriminasiadalahperlakuanberbeda. Akibatpelekatansifat-sifat gender tersebut, timbulmasalahketidakadilan (diskriminasi) gender.

E.     KonflikSosial
PengertianKonflikSosial (Pertentangan) adalahsebagaisuatu proses sosialantaraduapihakataulebihketikapihak yang satuberusahamenyingkirkanpihak lain dengancaramenghancurkanataumembuatnyatidakberdaya. Latarbelakangadanyakonflikadalahadanyaperbedaan yang sulitditemukankesamaannyaataudidamaikanbaikituperbedaankepandaian, cirifisik, pengetahuan, keyakinan, danadatistiadat.

F.     MasalahPolusi
Sebaiknyadalamhalinipemerintahambilandildalammasalahpolusikhususnya di Indonesia saatini. Karenajika di diamkanmakamasyarakattidakakanbisalagimenghirupudarasegardandapatjugamenyebabkansesaknafasdankelainanparu-paru. Hal ini pun dapat di tuntaskanapabilamasyarakatpedulidanselalumengadakansosialisasirutin di lingkungandisekitarnya. Dengancaramenanam 1 pohon pun masyarakatsudahmenolongdanmembantumengurangipolusi di Indonesia. Pesansayauntukmasyarakat di indonesiaadalahpintar-pintarlahmenggunakankendaraanbermotorseperlunya, danjanganlupauntukmenanampohon agar kitadapatterusmenghirupudarasegardanterhindardaripenyakit yang dapattiba-tibamenyerangkitamelaluipolusiudara.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar